DFCD Mendukung Peningkatan Pasokan Air di Indonesia

Minggu lalu, SNV menandatangani perjanjian hibah dan paket bantuan teknis sebagai bagian dari Dana asal negara Belanda untuk Iklim dan Pembangunan, untuk mendukung peningkatan pasokan air di Jawa Barat, Indonesia.

Perjanjian tersebut ditandatangani dengan PT N-Three, sebuah perusahaan swasta yang bergerak dalam penyediaan pasokan air bersih ke PDAM Bandung Barat. Bandung Barat membutuhkan sumber air baru dan investasi tambahan dalam infrastruktur air untuk beradaptasi dengan perubahan iklim. Wilayah ini semakin sering mengalami periode kekeringan yang menyebabkan tekanan sumber daya air dan krisis air. Proyek ini berupaya menyediakan air bersih untuk 160.000 jiwa di Jawa Barat, sejalan dengan Rencana Adaptasi Nasional Indonesia dan kontribusi nasional yang telah diperbarui, dan diharapkan dapat memobilisasi modal swasta sebesar €12 juta.

CEO PT N-Three, Nabil Wareeth, mengatakan: ‘Fase originasi sangat menarik, menantang, dan pengalaman baru untuk berurusan dengan organisasi besar internasional dengan integritas tinggi dan banyak panduan dan prosedur yang tepat, di mana N3 akan belajar banyak dari SNV. Proyek ini akan meningkatkan pasokan air higienis untuk Bandung Barat serta akan memenuhi kebutuhan air untuk masyarakat dan kebutuhan untuk kawasan komersial dan perumahan‘.

SNV menandatangani untuk menyediakan dana hibah dan bantuan teknis kepada PT N-Three di Indonesia.

Tentang DFCD

DFCD adalah dana iklim dan pembangunan senilai EUR 160 juta yang disponsori oleh pemerintah Belanda untuk melaksanakan proyek adaptasi perubahan iklim di negara-negara berkembang di Asia dan Afrika.

The Dutch Entrepreneurial Development Bank (FMO) mengelola dana tersebut bersama dengan Climate Fund Manager (CFM), World Wide Fund for Nature Netherlands (WWF-NL) dan SNV.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website DFCD.

Related News